Sambut Kunjungan Gubernur Herman Deru, Plt Bupati ajak masyarakat kunjungi Danau Shuji Lembak


Tim News Room Muara Enim Diskominfo.

Plt.Bupati Muara Enim H.Juarsah,SH didampingi Wakapolres Kompol Agung Adhitya Pranata SH SIK,Camat Lembak Elvik Fransiska, SSTP beserta para kepala perangkat daerah menyambut kedatangan Gubernur Sumsel Herman Deru dan Ketua TP PKK sumsel Hj Febrita lustia HD beserta rombongan , melihat langsung Danau Shuji  di Desa Lembak Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim Sumsel.

Plt. Tugas Bupati Muara Enim, H,Juarsah berterima kasih kepada Gubernur Sumsel H,Herman Deru yang juga mengajak serta putrinya Hj,Percha Leanpuri,B.Bus yang sekaligus juga Anggota DPR RI telah berkenan berkunjung untuk memperkenalkan Danau Shuji sebagai salah satu destinasi wisata menarik di Sumsel.

Tak lupa pula plt Bupati menyampaikan rasa bangganya kepada masyarakat lembak khususnya pak Bob selaku pengelola danau shuji karena telah mengubah danau shuji yang tadinya hanya danau biasa menjadi salah satu objek wisata yang indah dan murah dan berhasil membangkitkan perputaran perekonomian di kecamatan lembak serta juga menyerap tenaga kerja masyarakat sekitar, Plt juga mengajak agar masyarakat untuk menjadikan danau Shuji lembak sebagai salah pilihan utama Objek wisata. “jangan lupa ajak sanak keluarga yang lain untuk datang lag kesini “ ujar Plt.Bupati saat menyapa pengunjung yang mengaku berasal dari kota palembang sesaat sebelum kedatangan rombongan Gubernur

Pak Bob sendiri, selaku pengelola menceritakan bahwa danau shuji ini awal dulu adalah markas tentara jepang yang dipimpin tentara bernama shuji,selain danau tidak jauh dari lokasi ini ada lapangan terbang jepang. Terkait kunjungan Gubernur ini, pak bob mengucapkan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada Pemerintah,baik Pemerintah Provinsi Sumsel maupun Pemerintah Kabupaten Muara Enim khususnya atas bantuan dan perhatiannya terutama kemudahan perizinan dan sebagainya.

Sementara Gubernur Sumsel, H.Herman Deru, dalam pernyataannya seusai berkeliling sejenak sekitar danau ini merasa terpesona dengan keindahan sekaligus penasaran atas keberhasilan danau shuji meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Lembak dan sekitarnya meskipun saat ini dimasa pandemi.

“Ya, membuat saya tertarik dan penasaran karena satu Desa dapat membangkitkan perekonomian Desa apalagi dimasa pandemi saat ini dapat menyerap 100 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) maupun perekonomian masyarakat,” terangnya.

“Saya juga mengharapkan pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk memfasilitasi apa-apa yang menjadi kendala dari pengelola, terkait dengan fasilitas jalan masuk agar pak bupati segera kirimkan proposal kepada saya, insyaallah akan saya layani,setidaknya akan dilakukan perkerasan terlebih dahulu agar masyarakat tidak kesulitan masuk kesini” ujarnya.  Selain itu saya juga telah bekerjasama dengan SMK melalui dikbud untuk membuat repeater penguat sinyal, silahkan koordinasi dengan Dikbud agar Danau Shuji ini dapat dijadikan salah satu lokasinya karena saya lihat sinyal nya agak lemah” bebernya lagi.

Herman Deru juga berpesan agar masyarakat tetap menjaga budaya dan kearifan lokal.

“Kearifan lokal juga harus tetap terjaga ditengah pesatnya pembangunan saat ini. Seperti contohnya kuliner. Tidak usah menyajikan kuliner kebarat-barat atau cepat saji, cukup kuliner khas sini seperti Brengkes Tempoyak. Ini eksotis dan juga harus tetap dipertahankan dan dikembangkan.” tegasnya.

Gubernur Sumsel  Herman Deru berharap destinasi wisata Danau Shuji Lembak tersebut dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ada di wilayah Sumatera Selatan .

“saya ingin ini menjadi contoh inspirasi bagi desa-desa yang lain sehingga bermanfaat bagi masyarakat sekitar yang ada,” tutup Gubernur Sumsel.

Di kesempatan yang sama anggota DPR RI, Percha Leanpuri,B.Bus yang sekaligus juga duta literasi sumsel akan membantu pojok baca sebagai sarana edukasi terutama bagi anak-anak yang berkunjung ke Danau shuji.