Plh Bupati Ke PT KAI : Kami Dukung, Tapi Harus Memperhatikan Masyarakat Dari Berbagai Aspek


Tim News Room Muara Enim Diskominfo.

Dengan didampingi Plt Sekretaris Daerah Emran Tabrani dan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Riswandar. Plh Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) membuka langsung secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka Pelaksanaan Program Pembangunan dan Pengembangan Prasarana Perkeretaapian di Wilayah Kabupaten Muara Enim.

Rakor yang berlangsung di Ballroom Hotel Grand Zuri, Kota Muara Enim sore tadi, Senin (01/03) membahas tentang sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengenai perencanaan pembangunan jalur ganda (double track) mulai dari Kota Muara Enim hingga Desa Muara Lawai dan Kota Muara Enim sampai Desa Tanjung Enim Baru (Tanjung Raja).

Pada kesempatan sore tadi, dalam sambutannya Plh Bupati Muara Enim memberikan dukungan terhadap program pembangunan dan pengembangan prasarana perkeretaapian di Wilayah Kabupaten Muara Enim, karena hal ini juga merupakan PSN (Program Strategis Nasional). Namun, kembali ke pokok utama yaitu masyarakat. Tentu harus memperhatikan masyarakat baik itu dari aspek kenyamanan, keamanan serta aspek lingkungan termasuk aspek yang paling penting yakni kesehatan masyarakat di sepanjang jalur kereta api akibat intensitas dari pembangunan dan transportasi angkutan batubara yang melintas hampir di setiap jamnya, jelas Plh Bupati kepada PT KAI.

“Kami dukung, tapi harus memperhatikan segala halnya terutama aspek kenyamanan, kemananan serta kesehatan masyarakat termasuk kesehatan lingkungan,” kata Plh Bupati.

Kemudian juga terkait keamanan masyarakat di beberapa titik perlintasan kereta api yang mebelah jalan utama di Kabupaten Muara Enim. Plh Bupati mengharapkan agar pembangunan Fyover/underpass dapat dipercepat mengingat hal tersebut sangat diperlukan demi keamanan masyarakat minimal dapat meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan.

Turut hadir dalam Rakor tadi, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, para Kepala Perangkat Daerah, para Camat serta Kepala PT. KAI Divisi Regional (Divre) III Palembang beserta jajarannya.