Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi, dan Berprestasi “INDONESIA JAYA”




Tim News Room Muara Enim Diskominfo.

Pemerintah Kabupaten Muara Enim melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 bertempat di Lapangan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Senin (4/6). Dihadiri Unsur FKPD Kabupaten Muara Enim, Sekretaris Daerah, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Sekretaris Dinas, Kabid, Lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan diikuti Seluruh ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Anggota TNI, Polri, dan Siswa Siswi SMA.

Sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang di bacakan oleh Bupati Muara Enim Ir. H. Muzakir Sai Sohar selaku Inspektur Upacara menyampaikan Pancasila pertama kali  diuraikan  secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal  1  Juni  1945,  kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal  22 Juni 1945  dan dirumuskan   secara final pada tanggal 18  Agustus 1945.

Para pendiri   bangsa dari  berbagai  kelompok, golongan  dan  latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala  perbedaan.  Pancasila  berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh,  yang menjadi fondasi  dibangunnya Indonesia yang bersatu,  berdaulat, adil dan makmur.

Rangkaian proses besar tersebut  harus selalu kita ingat,  kita dalami semangatnya dan kita  pahami rohnya.  Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk  memastikan bahwa Pancasila   selalu  hadir  dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita.  Pada peringatan Hari  Lahir  Pancasila   di  tahun  2018  ini. kita  harus  meneguhkan semangat kita untuk bersatu,  berbagi dan berprestasi.

Sebagai  bangsa  yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih  dari  1,100   bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17,000   pulau, semangat  persatuan  merupakan    pilar  utama  dalam  kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal lka. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai  Pancasila. Marilah kita terus amalkan warisan mulia  para founding  fathers ini untuk kemajuan bangsa,  dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

Pada kesempatan yang mulia ini,  saya ingin mengajak para ulama dan tokoh  agama,  para guru dan ustad,  para politisi dan jajaran  aparat pemerintahan,  para anggota TNI dan Polri,  para pekerja dan  pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila  dalam  keseharian kita.  Semangat bersatu, berbagi  dan  berprestasi akan meneguhkan derap langkah  kita  dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya..

  • Pengunjung (125407 Kunjungan)
  • Hits (125407 Kunjungan)
  • Hari Ini (113 Kunjungan)
  • Kemarin (228 Kunjungan)

Apakah website ini bersifat informatif?