Lemang Torehkan Rekor MURI bahkan Rekor Dunia




Tim News Room Muara Enim Diskominfo.

Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Muara Enim ke-72 Tahun 2018. Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui TP-PKK Muara Enim mengadakan kegiatan Pemecahan Rekor MURI Lomba Melemang Kabupaten Muara Enim di Stadion Sekundang Bara, Sabtu (24/11) dan alhamdulillah kegiatan ini berhasil memecahkan Rekor MURI (museum rekor indonesia) bahkan Rekor DUNIA (world record) dimana  jumlah lemang yang dimasak sebanyak 10.733 batang lemang dengan peserta 1.539 peserta dari 256 Desa/Kelurahan se-Kabupaten Muara Enim.

Hadir pada Kegiatan Pemecahan Rekor MURI Lomba Melemang Tahun 2018 Bupati dan Wabup Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM dan H. Juarsah SH, Ketua TP-PKK Muara Enim Ir Hj Sumarni Ahmad Yani MSi, anggota DPR RI Ir Wahyu Sanjaya, Perwakilan MURI Triono dan Lutfi, para juri Melemang, serta ribuan peserta Melemang.

Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani, MM dalam sambutannya menyampaikan, Melemang atau membuat Iemang, merupakan bagian tradisi masyarakat di Kabupaten Muara Enim secara turun temurun yang merupakan sebagai bentuk menjalin silaturahim, berkumpul bersama keluarga dan warga desa. Yang biasanya dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram.

Pada hari itu setiap warga menyiapkan lemang pada pagi atau siang hari dan berkumpul saling berkunjung pada malam hari menikmati lemang yang disajikan di setiap rumah.

Suasana menjadi Iebih semarak, karena keluarga dan masyarakat dari luar desa pun turut hadir, bersilaturahim, menikmati hidangan lemang dan hiburan tarian di tanah lapang.

Ia menambahkan, kegiatan melemang ini juga merupakan wujud syukur kita masyarakat Kabupaten Muara Enim kepada Allah SWT atas capaian Kabupaten Muara Enim pada HUT ke-72 ini.

Kita berharap ke depan Kabupaten Muara Enim akan mampu menjadi kabupaten yang lebih baik lagi sesuai dengan misi kita yaitu Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahterah,” ungkap ahmad yani.

Kekayaan budaya ini tentunya patut kita jaga bersama guna membina silaturahim tali persaudaraan antar warga dan rasa cinta tanah air, pungkas ahmad yani.

Sementara itu, perwakilan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) Triono Lutfi mengatakan, setelah dilakukan pengecekan dan verifikasi terhadap seluruh peserta melemang ini pemecahan rekor ini tidak hanya memecahkan rekor nasional saja namun memecahkan rekor internasional (DUNIA) dengan jumlah peserta lebih dari 1,500 peserta dan jumlah lemang lebih dari 10.000 lemang.

Selamat untuk Kabupaten Muara Enim telah berhasil memecahkan rekor muri bahkan rekor Dunia, ungkap Triono.

  • Pengunjung (173971 Kunjungan)
  • Hits (173971 Kunjungan)
  • Hari Ini (174 Kunjungan)
  • Kemarin (179 Kunjungan)

Apakah website ini bersifat informatif?