Visi & Misi


VISI

"Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Muara Enim yang Sehat, Mandiri, Agamis, dan Sejahtera di Bumi Serasan Sekundang”

Penjelasan dari pernyataan visi tersebut yaitu :
Masyarakat Kabupaten Muara Enim adalah semua penduduk yang bermukim dan memiliki kartu tanda penduduk Kabupaten Muara Enim, yang diharapkan :


Sehat
Sehat baik jasmani maupun rohani yang ditandai oleh terpenuhinya kebutuhan dasar kesehatan masyarakat, baik kebutuhan fisik maupun rohani, perilaku hidup sehat, pelayanan kesehatan baik secara kualitas maupun kuantitas serta terciptanya lingkungan yang sehat.


Mandiri
Bertumpu pada optimalisasi pemanfaatan sumberdaya lokal, ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan pemerataan pembangunan, berdaya saing, bersinergi dengan lembaga regional, internasional dan daerah lainnya serta didukung oleh tersedianya sumberdaya manusia berkualitas, tersedianya dana pembangunan dari sumber sendiri, infrastruktur dan lembaga pemerintahan yang memadai, birokrasi pemerintahan yang handal, serta kepastian hukum, sehingga sejajar dengan daerah lain.


Agamis
Masyarakat Kabupaten Muara Enim ditandai oleh keyakinan masyarakat akan agama yang dianutnya dan melaksanakan ibadah dalam kondisi yang aman dan nyaman. Kehidupan beragama yang saling berdampingan secara rukun dan saling menghormati, serta senantiasa melaksanakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang dilandasi moral dan etika keagamaan.


Sejahtera
Masyarakat Kabupaten Muara Enim yang sejahtera ditandai oleh terpenuhinya hak-hak dasar penduduk meliputi kebutuhan pangan, sandang, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, penghasilan yang layak, perumahan, lingkungan yang bersih, kehidupan beragama, kehidupan politik, keamanan dan kenyamanan serta pengembangan diri ke arah yang lebih baik.

MISI

Pernyataan misi Bupati dan Wakil Bupati membantu lebih jelas penggambaran visi yang ingin dicapai dan menguraikan upaya-upaya apa yang harus dilakukan. Rumusan misi menjadi penting untuk memberikan kerangka bagi tujuan dan sasaran serta arah kebijakan yang ingin dicapai dan menentukan cara atau strategi yang akan ditempuh untuk mencapai VISI.


Meningkatkan Kualitas Kehidupan Masyarakat
Diarahkan kepada percepatan kenaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) melalui tiga sektor utamanya, yaitu: pendidikan, kesehatan, dan daya beli masyarakat. Selain itu juga sektor lainnya seperti penguasaan IPTEK, pemukiman dan perumahan, pengurangan angka pengganguran dan kemiskinan, kependudukan dan keluarga berencana, agama, kesenian, kebudayaan dan pariwisata, serta bidang anak dan kesetaraan gender, pemuda dan olahraga.


Melaksanakan Reformasi Birokrasi
Dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas pemerintah daerah, pelayanan publik, perilaku dan budaya birokrasi pemerintahan yang bersih, produktif, efisien,efektif, dan bertanggung jawab. Pengembangan Informasi Teknologi daerah, Menciptakan sistem dan kelembagaan pemerintahan yang mendukung terwujudnya transparasi, rule of law, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat.


Meningkatkan Pengembangan Ekonomi Berbasis Sumberdaya Lokal
Diarahkan kepada upaya optimalisasi pemanfaatan sumberdaya lokal untuk kepentingan masyarakat luas. Penyediaan sarana prasarana/infrastruktur pendukung perekonomian yang memadai. Peningkatan peran sektor unggulan dalam pertumbuhan perekonomian masyarakat dan penerimaan daerah. Penyediaan lapangan kerja dan lapangan usaha bagi masyarakat, Memantapkan kerjasama pemerintah - swasta, kerjasama dengan lembaga perekonomian, antar wilayah dan antar negara yang saling menguntungkan.


Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat
Diarahkan melalui pengembangan program pembangunan berbasis masyarakat, peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, pengembangan ekonomi kerakyatan, pemantapan otonomi desa, peningkatan akses perkreditan murah dan mudah kepada UMKMK, dan pengembangan lembaga sosial ekonomi di pedesaan.


Peningkatan Kelestarian Lingkungan Hidup
Diarahkan pada pelaksanaan konsep pembangunan hijau. Peningkatan ruang terbuka hijau, Pengendalian pencemaran air, lahan, dan udara. Pelaksanaan Rencana Tata Ruang Wilayah.

  • Pengunjung (56369 Kunjungan)
  • Hits (56369 Kunjungan)
  • Hari Ini (109 Kunjungan)
  • Kemarin (196 Kunjungan)

Apakah website ini bersifat informatif?