Wujudkan digitalisasi pelayanan publik, Muara Enim raih Penghargaan TOP Digital Award 2020.


Tim News Room Muara Enim Diskominfo

Prestasi membanggakan terus ditorehkan Pemerintah Kabupaten Muara Enim. Bagaimana tidak, di penghujung tahun 2020 lagi-lagi Bumi Serasan Sekundang ini berhasil memboyong penghargaan bergengsi.

Adalah TOP Digital Awards 2020 kategori TOP DIGITAL Implementation 2020 #Level Stars 3.

“Termasuk penghargaan TOP DIGITAL Implementation 2020 on Distric Goverment untuk Pemerintah Kabupaten Muara Enim,” kata Ketua Dewan Juri, Prof. Dr-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng., atau yang akrab dipanggil Prof. Muli, Ketua Dewan Juri TOP DIGITAL Awards 2020, dalam siaran persnya.

Kalamullah menjelaskan TOP DIGITAL Awards adalah kegiatan penghargaan tahunan di bidang TI, Telco dan Teknologi Digital, yang Terbesar dan Paling Komprehensif.

Kegiatan TOP DIGITAL Awards 2020 ini diselenggarakan bekerjasama dengan sejumlah asosiasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan konsultan TI independen.”

“Kegiatan ini merupakan rating atau penilaian tahunan untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan, organisasi atau institusi yang dinilai berhasil dalam hal inovasi, implementasi IT dan Telco atau teknologi digital, baik di sistem menajemen maupun dalam kaitan layanan pelanggan atau masyarakat, yang pada tahun ini melibatkan lebih dari 800 partisipan yang berasal dari Kementerian, Lembaga/Badan, Pemprov, Pemkab/Pemkot, serta Perusahan BUMN/BUMD/BUMS” tambahnya lagi.

Penilaian dan penentuan pemenang, menurut Kalamullah dilakukan berdasarkan wawancara penjurian fan pengisian kuesioner. Keputusan penentuan pemenang, dilakukan secara obyektif dan independen dalam Sidang Pleno Dewan Juri yang kredibel.

Terpisah Bupati Muara Enim, H. Juarsah,SH, menyambut baik dan merasa bangga atas penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muara Enim.

Diharapkan H.Juarsah, pencapaian tidak berhenti sampai di sini. Namun terus berkembang demi mewujudkan Kabupaten Muara Enim sebagai Kabupaten Pintar yang pada akhirnya akan memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat Muara Enim dalam mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas guna mewujudkan visi misi Kabupaten Muara Enim yakni Merakyat Muara Enim untuk rakyat yang agamis,berdaya saing,mandiri,sehat dan sejahtera.

“Dengan penghargaan ini adalah sebagai tanda bahwa Kabupaten Muara Enim berada right on track guna mewujudkan digitalisasi dalam pelayanan publik di Kabupaten Muara Enim,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Muara Enim,Ardian Arifanardi,AP,M.Si yang mewakili Bupati dalam menerima penghargaan ini menyampaikan bahwa penghargaan ini adalah salah satu bukti komitmen seluruh stakholder terutama Bupati Muara Enim selaku Kepala daerah dalam  memberikan pelayanan yang terbaik, mudah,cepat dan tuntas bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim.

“Raihan ini, tentunya menjadi semangat baru bagi kami untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga Kabupaten Muara Enim , melalui kemudahan teknologi, informasi dan komunikasi yang telah diterapkan di berbagai pelayanan publik di Kabupaten Muara Enim. Salah satu contohnya yang langsung dikelola Dinas Kominfo adalah layanan pengaduan masyarakat melalui aplikasi Lapor!-SP4N yang beberapa waktu yang lalu juga telah menerima penghargaan TOP 46 sebagai instansi pemerintah pengelola pengaduan pelayanan publik terbaik tahun 2020 dari Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Sebagai informasi, penyerahan penghargaan akan dilakukan pada 22 Desember 2020 di Dian Ballroom – The Raffles Hotel Jakarta, Jalan Prof. DR. Satrio No.5 Kuningan, Jakarta Selatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat.