Plt Sekda Minta 3 Layanan Publik Ini Tidak Keluar Dari SIPOC


Tim News Room Muara Enim Diskominfo.

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekda Muara Enim, dr. Yan Riyadi, MARS, memimpin rapat evaluasi

Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap pelayanan publik dalam lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim di Ruang Rapat Serasan Sekundang Muara Enim, Rabu (23/12).

Plt. Sekda menekankan seraya meminta 3 layanan publik Pemkab Muara Enim yang menjadi sasaran SKM agar tidak keluar dari pakem yang menjadi acuan selama ini yakni SIPOC singkatan dari Supplier (Pemasok), Input (Masukan), Process (Proses), Output (Keluar) dan Customer (Pelanggan). 

Plt. Sekda mengatakan 3 layanan publik seperti Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil), Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) dan RSUD HM Rabain harus apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan pada sasaran yang menjadi SKM.

SIPOC itu tidak bisa diputar - putar atau dibolak- balik. Dan ujung - ujungnya yang menilai ada customer atau masyarakat puas atau tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan.

"Disinilah kita bersama - sama mencari saran dan masukan untuk terus melakukan perbaikan agar masyarakat merasakan pelayanan yang terbaik dari 3 instansi yang memberikan layanan publik tersebut," kata Plt. Sekda.

Mengemuka pada rapat ini yang menjadi sasaran SKM di Dinas Dukcapil meliputi penerbitan akte, KTP elektronik, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak dan Surat Keterangan Pindah, dan Dinas PMPPTSP meliput bidang kesehatan, PU PR, lingkungan hidup, pendidikan, perhubungan dan perindustrian dan perdagangan.

Kemudian RSUD HM Rabain yang menjadi sasaran SKM meliputi rawat inap, rawat jalan, rawat darurat, penunjang medik dan hemodialisa.

Turut hadir pada kesempatan ini, Plt. Asisten III Pemkab Muara Enim, Drs. Riswandar, Kepala Dinas Dukcapil Muara Enim, Drs. Risman Effendi, Direktur RSUD HM Rabain Muara Enim, dr. Hendri Yatno, dan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Pemkab Muara Enim, Wulandari, SH, dan Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah terkait Pemkab Muara Enim.