Pastikan Pelayanan Publik tetap berjalan baik, HNU sidak OPD


Tim News Room Muara Enim Diskominfo.

Plh. Bupati Muara Enim melakukan Sidak (Inspeksi mendadak) Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M.,(HNU) ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menyelenggarakan pelayanan publik kepada masyarakat, Jumat kemarin (19/02). Sidak ini dilaksanakan guna memastikan pelayanan publik kepada masyarakat di Kabupaten Muara Enim tetap berjalan dengan baik terutama setelah pengangkatan dirinya selaku Plh. Bupati Muara Enim oleh Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru. Sidak ini menyisir beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim, khususnya yang berhubungan langsung dalam penyelenggaraan layanan masyarakat, seperti Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), kemudian tidak luput pula disambangi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKPSDM) yang melaksanakan pelayanan kepegawaian kepada masyarakat Muara Enim yang berstatus ASN.

Tanpa pengawalan protokoler yang berarti, Plh. Bupati berkeliling langsung menuju beberapa OPD sekitar kantor Bupati Muara Enim. Selain mengecek kedisplinan pegawai baik ASN maupun Non ASN, Plh.Bupati juga menyampaikan kepada masing-masing kepala OPD beserta jajaran bahwa dirinya tak ingin mendengar ada masyarakat yang mengeluh karena penyelenggaraan pelayanan publik yang tidak Optimal di Kabupaten Muara Enim. Untuk itu Plh. Bupati menginstruksikan seluruh OPD, terutama yang berhubungan langsung dalam pelayanan publik untuk bekerja dengan semestinya sesuai aturan,melaksanakan evaluasi serta membenahi yang dirasa belum baik dan kemudian berinovasi untuk memangkas birokrasi yang berbelit untuk meningkatkan kualitas layanan publik. Peningkatan kualitas layanan tentu saja akan berbanding lurus dengan kepuasan masyarakat yang pada akhirnya tentu saja bermuara pada meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Terakhir Plh. Bupati menekankan bahwa hakikat birokrat itu adalah melayani, bukan dilayani. Oleh sebab itu dirinya tak ingin ada pelayanan yang buruk, mulai dari kedisiplinan dan keramahan petugas pelayanan, hingga fasilitas pendukung seperti ruang tunggu hingga toilet harus dalam keadaan prima. Di sela-sela sidak ini, Ph.Bupati tidak lupa menyapa dan bertanya secara langsung pendapat, keluhan maupun saran dari masyarakat yang sedang mengantri untuk mendapatkan berbagai pelayanan dari Pemkab Muara Enim