Asisten II Ajak Perusahaan Di Kabupaten Muara Enim Sukseskan Gelaran PEDA KTNA ke-XI


Tim News Room Muara Enim Diskominfo.

Dalam rangka mematangkan persiapan pelaksanaan PEDA KTNA (Pekan Daerah Kelompok Tani Nelayan Andalan) ke-XIV yang akan digelar 26 Juli - 30 Juli 2021 di Kabupaten Muara Enim yakni di Semende Raya (Kecamatan Semende Darat Ulu, Tengah dan Laut). Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengadakan rapat pembahasan rencana penanaman pohon (Penghijauan) dan permasalahan tumpukan sampah yang tidak dikelola di sepanjang jalan utama menuju akses lokasi PEDA KTNA ke-XIV.

Dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kurmin menjelaskan telah mendapatkan bantuan bibit dari Balai Persemaian Permanen Sukomoro (BPPS) Kabupaten Banyuasin sebanyak 10.000 batang dan telah mengajukan permohonan bantuan bibit ke perusahaan-perusahaan dalam Kabupaten Muara Enim sebanyak 12.500 batang yang nanti akan di tanam di sepanjang jalan Kecamatan Gelumbang sampai Kecamatan Semende.

Sementara itu, saat memimpin rapat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Muara Enim H Riswandar, mengharapkan agar pelaksanaan penghijauan di sepanjang akses jalan menuju lokasi pelaksanaan PEDA KTNA ke-XIV agar dapat dilaksanakan sesuai dengan yang telah direncanakan termasuk perawatan sesudah penanaman sehingga tanaman tersebut bisa tumbuh berkembang dengan baik serta kepada perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Muara Enim untuk dapat membantu mensukseskan gelaran PEDA KTNA ke-XIV minimal melalui bantuan bibit sesuai dengan pengajuan DLH tadi.

Kemudian mengenai tumpukan sampah yang berada di sepanjang jalan utama menuju lokasi pelaksanaan PEDA KTNA ke-XIV. “Perlu segera dilaksanakan gotong royong serentak di Kecamatan-kecamatan sepanjang jalan utama mulai dari Kecamatan Gelumbang sampai Kecamatan Semende Darat Ulu dan jangan lupa mengaktifkan BUMDES di desa-desa guna untuk melakukan pengelolaan sampah di tingkat Desa sehingga dapat terciptanya keindahan dan keseimbangan lingkungan,” pinta Asisten II.

Terakhir, Asisten II menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di sepanjang jalan atau di tempat-tempat yang bukan untuk tempat sampah, mengingat Kabupaten Muara Enim sebagai tuan rumah pelaksanaan PEDA KTNA ke-XIV tahun 2021 dan peraih Piala Adipura.