Berbagi Kisah Pengaduan Layanan Publik dengan Diskominfo Pagar Alam


Tim News Room Muara Enim Diskominfo.

Dinas Komunikasi dan Informatika menerima kunjungan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pagar Alam hari ini, Kamis (17/9).  Rombongan terdiri dari empat orang yaitu Dian Nopitriani, S.T., M.M. (Kabid Pengelolaan Data, Informasi dan Komunikasi Publik), Hikmalia, S.H. (Kasi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik), Wahyu Sidik Jatmiko, S.Si (Staf Perencanaan, Pelaporan dan Keuangan) dan Oki Pasma Jayanti, A.Md. (Operator Komputer). Kunjungan tersebut dalam rangka Koordinasi Pelaksanaan SP4N-Lapor! dan Keterbukaan Informasi Publik dengan Dinas Kominfo Kabupaten Muara Enim. Kedatangan rombongan disambut hangat oleh Kepala Dinas Kominfo, Ardian Arifanardi, A.P., M.Si. didampingi Kabid Pengelolaan Data, Informasi Publik dan Statistik, Harry Aries Saputra, S.E., M.M. , Kasi Layanan Informasi Publik, Triana Rantini, S.Si., M.Si. dan admin SP4N-LAPOR! Kabupaten Muara Enim, Zulpadra, S.H.

Pada kesempatan ini, Dian mengungkapkan keinginannya untuk belajar dari Dinas Kominfo Kabupaten Muara Enim.
“Ÿang kami tahu, Dinas Kominfo Muara Enim ini terpilih jadi the best kabupaten di Provinsi Sumsel untuk pelaksanaan SP4N-Lapor! tahun lalu. Kami yang baru menerapkan program ini ingin belajar bagaimana pengelolaannya di sini,” ungkap Dian.
Keinginan Dinas Kominfo Pagar Alam dengan senang hati ditanggapi oleh jajaran Dinas Kominfo Kabupaten Muara Enim. “Kami sangat senang bisa sharing dan berbagi pengalaman. Mudah-mudahan di tahun ini juga dapat mempertahankan bahkan bisa naik lagi”, tukas Ardian.
Dalam pertemuan tersebut dibahas seputar bagaimana cara mengelola aplikasi SP4N-LAPOR!, membangun konektivitas dengan admin penghubung di perangkat daerah maupun BUMD dan bagaimana mengadvokasi pengambil keputusan untuk membangun komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dari aduan-aduan masyarakat.
“Bagaimanapun pengelolaan aplikasi ini akan berjalan dengan baik apabila ada komitmen yang kuat dari pimpinan dan pelaksana di lapangan untuk menciptakan kualitas pelayanan publik agar semakin baik,”tegas Ardian.
Selain membahas tentang pengelolaan SP4N-LAPOR! di Kabupaten Muara Enim, kesempatan itu dimanfaatkan juga untuk membahas permasalahan keterbukaan informasi publik, terutama di masa Pandemi Covid-19.