Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Kominfo Muara Enim Gelar Bimtek LAPOR!-SP4N dan PPID



Tim News Room Muara Enim Diskominfo.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Muara Enim, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Muara Enim menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online   Rakyat   - Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional  (LAPORI-SP4N) dan Pejabat  Pengelola  Informasi  dan Dokumentasi (PPID) tahun 2019, Senin (23/09) di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda.

Kadiskominfo Muara Enim Ardian Arifanardi AP MSi yang mewakili Plt. Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam sambutannya mengatakan, LAPORI-SP4N bertujuan untuk  pengawasan program dan kinerja Pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik yang penting sebagai sarana evaluasi Pemerintah dalam menjalankan program-programnya yang mudah diakses oleh masyarakat melalui website lapor.go.id atau SMS ke 1708 untuk menyampaikan aspirasi dan aduan yang terjadi dilapangan.

Ia menjelaskan, Sebelum terhubung dengan LAPOR!-SP4N pada tahun 2017, Kabupaten  Muara  Enim  telah  memiliki sarana  aspirasi  dan pengaduan masyarakat sendiri yaitu SPIKM (Sistem Pelayanan lnformasi dan Keluhan Masyarakat) yang bisa diakses melalui website www.spikm.muaraenimkab.go.id dan SMS ke 9009 yang tetap bisa kita gunakan sampai sekarang dan telah terintegrasi dengan LAPOR!-SP4N milik KemenPAN-RB.

Sedangkan   Pejabat   Pengelola lnformasi   dan   Dokumentasi (PPID)   berfungsi   sebagai pengelola   dan  penyampai   dokumen   yang  dimiliki   oleh  badan publik sesuai  dengan amanat  UU Nomor 14 Tahun  2008 tentang Keterbukaan   lnformasi  Publik.  Dengan keberadaan   PPID  maka masyarakat   yang   akan  menyampaikan    permohonan   informasi lebih  mudah  dan tidak berbelit  karena  dilayani  lewat  satu  pintu, tambahnya.

Mengingat pentingnya LAPOR!-SP4N dan  PPID, diharapkan kerjasama kita bersama seluruh Pejabat Penghubung/ Administrator LAPOR!-SP4N dan PPID yang ada di OPD  dan  Kecamatan untuk dapat  bersama-sama mengelola pengaduan, informasi dan dokumentasi secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi guna memberikan pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat sesuai dengan visi Kabupaten Muara Enim untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya  Saing,  Mandiri,  Sehat dan Sejahtera, ujarnya.

Bimtek ini diikuti oleh 100 orang Admin LAPOR!-SP4N seluruh Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Muara Enim dan Narasumber dari Diskominfo Prov Sumsel serta Kurniawan Wahid (Advisor Transformasi GIZ).