Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Kominfo Muara Enim Gelar Bimtek LAPOR!-SP4N dan PPID
23-09-2019Tim News Room Muara Enim Diskominfo.
Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Muara Enim, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Muara Enim menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat - Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (LAPORI-SP4N) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) tahun 2019, Senin (23/09) di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda.
Kadiskominfo Muara Enim Ardian Arifanardi AP MSi yang mewakili Plt. Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam sambutannya mengatakan, LAPORI-SP4N bertujuan untuk pengawasan program dan kinerja Pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik yang penting sebagai sarana evaluasi Pemerintah dalam menjalankan program-programnya yang mudah diakses oleh masyarakat melalui website lapor.go.id atau SMS ke 1708 untuk menyampaikan aspirasi dan aduan yang terjadi dilapangan.
Ia menjelaskan, Sebelum terhubung dengan LAPOR!-SP4N pada tahun 2017, Kabupaten Muara Enim telah memiliki sarana aspirasi dan pengaduan masyarakat sendiri yaitu SPIKM (Sistem Pelayanan lnformasi dan Keluhan Masyarakat) yang bisa diakses melalui website www.spikm.muaraenimkab.go.id dan SMS ke 9009 yang tetap bisa kita gunakan sampai sekarang dan telah terintegrasi dengan LAPOR!-SP4N milik KemenPAN-RB.
Sedangkan Pejabat Pengelola lnformasi dan Dokumentasi (PPID) berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan lnformasi Publik. Dengan keberadaan PPID maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu, tambahnya.
Mengingat pentingnya LAPOR!-SP4N dan PPID, diharapkan kerjasama kita bersama seluruh Pejabat Penghubung/ Administrator LAPOR!-SP4N dan PPID yang ada di OPD dan Kecamatan untuk dapat bersama-sama mengelola pengaduan, informasi dan dokumentasi secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi guna memberikan pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat sesuai dengan visi Kabupaten Muara Enim untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera, ujarnya.
Bimtek ini diikuti oleh 100 orang Admin LAPOR!-SP4N seluruh Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Muara Enim dan Narasumber dari Diskominfo Prov Sumsel serta Kurniawan Wahid (Advisor Transformasi GIZ).
Pengumuman
-
Nov 19, 2024 Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2024
Agenda/Kegiatan
-
Oct 08, 2024 Rencana Kegiatan Pemerintah Kabupaten Muara Enim
-
Oct 07, 2024 Rencana Kegiatan Pemerintah Kabupaten Muara Enim
Kontak Kami
Kantor Bupati Kabupaten Muara Enim
Jl. Jend. A. Yani No.16, Ps. I Muara Enim, Kec. Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan 31313
-
Telp.(0734) 421001
-
Fax.-
-
Email.muaraenimkab@muaraenimkab.go.id
Statistik Pengunjung
Pengunjung Tebanyak (15953 Kunjungan)
Total Hit (1151279 Kunjungan)
Hari Ini (1513 Kunjungan)
Kemarin (1343 Kunjungan)
Jajak Pendapat
Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?