Pemkab Muara Enim Komitmen Dukung Pengelolaan Pengaduan Prima



Tim News Room Muara Enim Diskominfo.

Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengikuti Webinar rapat koordinasi pengelolaan pengaduan di lingkungan Kemendagri dan pemerintah daerah yang diselenggarakan oleh Pusat Penerangan Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Selasa (20/06).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Pusat Penerangan Sekretariat Jenderal Kemendagri Benni Irwan mengungkapkan rakor ini bertujuan meningkatkan sinergisitas kebijakan pengelolaan pengaduan dalam mendukung terwujudnya pelayanan publik yang prima.

Pengaduan salah satu elemen utama dalam percepatan perbaikan pelayanan publik. Di mana pengaduan menjadi sarana bagi masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses perbaikan pelayanan publik melalui penyampaian aspirasi, saran, dan pengaduan.

“Mendukung terwujudnya hal ini, tentu menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menyelenggarakan sarana pengelolaan pengaduan yang mudah dan bertanggung jawab bagi masyarakat.” Pungkas Benni

Ditempat yang sama, Deputi Pelayanan Publik Kemendagri, Diah Natalisa mengatakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pemerintah harus memperkuat partisipasi publik. Hal itu tentu dimaksudkan agar upaya peningkatan kualitas pelayanan publik sejalan dengan kebutuhan dan harapan dari masyarakat.

“Sudah saatnya untuk mengikut sertakan masyarakat mulai dari penyusunan standar pelayanan, pelaksanaan pelayanan, sampai dengan evaluasi dan pemberian penghargaan. Untuk evaluasi sendiri, salah satunya diwujudkan dengan pelaksanaan pengelolaan pengaduan pelayanan publik melalui SP4N-LAPOR!” Terang Diah.

Sementara itu, hadir mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muara Enim, Ardian Arifanardi, AP., M.Si, Kepala Bidang Pengelolaan Data, Informasi Publik dan Statistik Harry Aries Saputra, SE., M.M. menyampaikan Pemkab Muara Enim melalui Dinas Komunikasi dan Informatika siap untuk bersinergi dengan kebijakan pengelolaan pengaduan dalam mendukung terwujudnya pelayanan publik yang prima.

“Saat ini pengelolaan pengaduan di Muara Enim merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia, Pemkab Muara Enim berhasil masuk Top 5 kategori Instansi Pemerintah Umum se-Indonesia dan meraih Piala Anggakara Birawa kategori Aspek Keberlanjutan Konektivitas dan Dampak Terbaik dari KemenPANRB pada tahun 2022 dan kedepan akan terus berkomitmen untuk menyelenggarakan pengelolaan pengaduan yang prima bagi masyarakat melalui SP4N-LAPOR!” Pungkas Harry

Hadir pada kesempatan itu melalui daring perwakilan dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota/Kabupaten Se-Indonesia.