MenPANRB Buka 2nd Annual Workshop : Rapat Koordinasi Nasional SP4N-LAPOR!



Tim News Room Muara Enim Diskominfo.
Dalam rangka mengoptimalkan penggunaan aplikasi pengaduan masyarakat SP4N-LAPOR! 2020-2024, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) menyelenggarakan 2nd Annual Workshop : Rapat Koordinasi Nasional SP4N-LAPOR! Dengan tema Optimalization of Implementation and Achievement of SP4N-LAPOR! Roadmap Target in 2020-2024 yang berlangsung di Sheraton Grand Hotel, Jakarta, Selasa (11/07).
Dalam kesempatan tersebut, Deputi Pelayanan Publik, Diah Natalisa melaporkan bahwa rakornas ini direncanakan akan diselenggarakan selama dua hari yaitu 11-12 Juli 2023 dan akan membahas isu penting dalam pelaksanaan dan pencapaian SP4N-LAPOR! terkait target peta jalan tahun 2020-2024. 
“Dalam kegiatan ini akan dibahas optimalisasi implementasi, pencapaian, dan keberlanjutan pengelolaan SP4N-LAPOR! yang telah ditetapkan dalam Target Peta Jalan Tahun 2020-2024. dalam acara ini juga akan membahasa Cara Memaksimalkan Penggunaan Data Pengaduan dan perluasan jangkauan penggunaan oleh masyarakat untuk Memperkuat SP4N-LAPOR!, serta Konsultasi Publik Peraturan Menteri terbaru terkait SP4N-LAPOR!” ujar Diah.
Dalam kesempatan yang sama, lewat sambutannya sekaligus membuka kegiatan, Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas  mendorong agar SP4N-LAPOR! lebih berdampak dan dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.
"SP4N-LAPOR! ini memberi ruang rakyat untuk mengawasi kita, yang lebih tersistematisasi, secara digital akan terverifikasi sesuai dengan bidang kita," ujarnya.
“Pengawasan dari masyarakat tersebut perlu dilakukan dalam upaya menggerakkan reformasi birokrasi.  Reformasi birokrasi sebagai engine, harus di perbaiki dan dibersihkan karena kalau reformasi birokrasi ini bergerak, maka engine untuk menggerakkan layanan tadi akan bergerak," Pungkas Anas.
Salah satu keynote speaker yakni Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang baik dari KemenPANRB, Kantor Staf Kepresidenan, Kementerian Kominfo dan Kemendagri dalam pengelolaan SP4N-LAPOR! sehingga memudahkan masyarakat untuk melapor dan mampu untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yg lebih baik melalui 
“Kedepan diperlukan komitmen dari kita semua terhadap pengelolaan SP4N-LAPOR! baik dukungan anggaran, sumber daya manusia, dan sarana prasarana sehingga pelayanan publik semakin berkualitas dikemudian hari.” tutup Najih. Sementara Plt. Bupati Muara Enim yang diwakili oleh kadin kominfo, Ardian Arifanardi berkomitmen untuk menjadikan aplikasi SP4N-Lapor! sebagai kanal utama dalam mengelola aspirasi dan pengaduan masyarakat terutama dalam hal  pelayanan publik.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Seluruh Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi dan pemerintah Daerah Seluruh Indonesia via luring maupun daring.[pdips]