Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Diskominfo Muara Enim Ikuti Rakor dan Workshop SP4N LAPOR! 2023



Tim News Room Muara Enim Diskominfo.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Muara Enim, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Muara Enim ikuti Rapat Koordinasi dan Workshop Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N LAPOR!) se-Sumatera Selatan Tahun 2023 bertempat di Hotel Santika Radial Palembang, Senin (20/11/2023)

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drs. Nelson Firdaus., M.M, Hadir membuka Rapat Koordinasi dan Workshop tersebut.

Nelson menjelaskanDalam rangka percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui pengelolaan pengaduan, Pemprov Sumsel menyusun dan mempersiapkan Roadmap SP4N-LAPOR! Di Sumsel di Tahun 2022-2024.

“Sosialisasi Ruang Milineal dan Media Sosial menjadi bahan yang sangat update untuk dibicarakan dan dikoordinasikan bersama narasumber Duta Lapor! Sumatera Selatan, berikut juga pengawasan dari Ombudsman terhadap tindak lanjut dari Pengaduan Masyarakat.” Ujarnya

"Pengelolaan pengaduan itu penting karena menjadi muara dari perbaikan atau reformasi birokrasi khususnya pelayanan publik, juga sebagai upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat. Ketika ada pengaduan, maka hal tersebut bisa menjadi dasar dari pengambilan keputusan atau kebijakan dari pemerintah daerah, karena belum tentu program yang dilaksanakan pemerintah sempurna" Pungkas Nelson.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Prov Sumsel, Rika Efianti, SE, MM, dalam laporannya mengatakan Peserta Rapat Koordinasi dan Workshop SP4N LAPOR! se-Sumsel Tahun 2023 terdiri dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab/Kota se-Sumsel selaku Tim Koordinasi Pengelola SP4N LAPOR! beserta Admin.

Lanjut Rika, Rakor dan Workshop ini mengangkat Tema : “Aktualisasi SP4N LAPOR! sebagai Layanan Pengaduan Era Milineal dan Penggiat Medsos”.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Ardian Arifanardi, AP., M.Si diwakili Kepala Bidang PDIPS, Harry Aries Saputra, MM mengatakan dengan adanya Rakor dan Workshop ini dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya di Kabupaten Muara Enim.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan SP4N-LAPOR! sebagai wadah pengelolaan pengaduan yang mampu memberikan respon dan solusi cepat serta dipercaya publik.” Ujar Harry

Adapun Narasumber dalam kesempatan itu, Ketua OMBUDSMAN RI Perwakilan Sumsel, Bapak Adrian Agustiansyah, S.H., M.Hum. Turut hadir Duta Lapor! Sumatera Selatan Salsabila Neivada Putri, S.H, Ahmad Gandi Saputra, S.Sos.