Ombudsman Rekomendasikan Pemkab Muara Enim sebagai Kabupaten Percontohan Pengelolaan SP4N-LAPOR di Sumsel



Tim News Room Muara Enim DiskominfoSP.

Tingkatkan pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Kabupaten Muara Enim, Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DiskominfoSP) Focus Group Discussion (FGD) Optimalisasi governansi SP4N LAPOR seluruh Kab/kota se-Provinsi Sumsel di Ruang Rapat Bina Praja, Selasa (23/07).

Dalam FGD yang diselenggarakan oleh Ombudsman Perwakilan Sumsel tersebut dibuka langsung oleh Pj. Sekretaris Daerah Prov. Sumsel Edward Chandra.

Dalam sambutannya, Edward mengatakan pentingnya optimaliasasi respon kepada masyarakat sehingga ketika adanya pengaduan masyarakat dapat diambil langkah dan kebijakan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam rangka menunjang pelayanan kepada masyarakat dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme dengan mengedepankan tranparansi dan akuntabilitas.

"Dengan adanya pengaduan masyarakat diharapkan menjadi dasar perbaikan kedepan, namun perlu nya perbaikan-perbaikan dalam merespon sebuah pengaduan masyarakat  serta keluhan masyarakat dapat diatasi dengan baik dan cepat" Ujar Pj. Sekda

Sementara itu, Ketua Ombudsman Perwakilan Sumsel, Adrian Agustiansyah S.H.,M.HUM dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih kepada Pemprov Sumsel atas fasilitas yang disediakan.

“Mudah-mudahan aplikasi ini dapat menyelesaikan pengaduan-pengaduan yang ada terkait keluhan masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan paparan pengelolaan SP4N-LAPOR! dari setiap Kabupaten/Kota Se-Provinsi Sumatera Selatan.

Mewakili Kepala DiskominfoSP Kabupaten Muara Enim, Ardian Arifanardi, AP., M.Si, Kepala Bidang Pengelolaan Data, Informasi Publik dan Statistik, Harry Aries Saputra, MM memaparkan pengelolaan SP4N-LAPOR! dengan beberapa inovasinya.

“Guna melakukan sosialisasi dan meningkatkan minat masyarakat dalam menyampaikan pengaduan melalui aplikasi SP4N-LAPOR!, Pemerintah Kabupaten Muara Enim Khususnya DiskominfoSP Muara Enim memiliki beberapa inovasi seperti LAPOR Goes to Campus, LAPOR Goes to School dan Komitmen Pimpinan yang tinggi” Ujar Harry

“Bupati Muara Enim selaku kepala pemerintahan rutin mengecek laporan yang disampaikan oleh masyarakat melalui Aplikasi SP4N-LAPOR! melalui akun admin SP4N-LAPOR! beliau yang terkoneksi melalui handphone pirbadi beliau guna memastikan laporan tersebut ditindaklanjuti dengan cepat, tepat dan tuntas” Ujarnya

Menanggapi hal tersebut, Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan merekomendasikan Pemkab Muara Enim sebagai Kabupaten Percontohan pengelolaan SP4N-LAPOR di Sumsel.

Hadir pula dalam kesempatan itu, perwakilan pengelola SP4N-LAPOR! dari Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan [PDIPS]